Skip to content

Hipertensi Membuat Stroke Muncul Lebih Cepat

bagaimana-kaitan-antara-hipertensi-dan-stroke

Stroke adalah sebuah penyakit yang selama ini sering diidentikkan dengan penyakit yang sering dialami oleh orang yang sudah berusi tua. Biasanya mereka yang sudah berusia diatas 50 tahun yang menderita penyakit ini.

Tapi ternyata belakangan ini muncul tren mengejutkan, angka penderita stroke yang berusia dibawah 40 tahun semakin meningkat. Bahkan, dari data kementerian kesehatan, penderita stroke termuda saat ini berusia 35 tahun. Dan ada kemungkinan stroke bisa menyerang kelompok usia yang lebih muda.

Mengutip dari dr. Al-Rasyid Sp.S(K) yang merupakan Spesialis saraf dari RS Cipto Mangunkusumo, stroke lebih sering menyerang laki-laki usia muda dibanding perempuan. Sementara untuk perempuan dan laki-laki memiliki risiko yang sama terkena stroke saat lanjut usia.

Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan angka penyakit stroke di Indonesia mencapai 10,9 orang per 1.000 penduduk. Bahkan angka penderita stroke di DKI Jakarta mencapai 12,22 per 1.000 penduduk.

Faktor risiko paling tinggi yang menyebabkan stroke adalah tekanan darah tinggi yang bisa berpengaruh sampai 60 persen.

Baca Juga :

6 Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat
Daun Zaitun Ternyata Mampu Kendalikan Hipertensi
Langkah dan Cara Pengobatan Hipertensi Secara Alami

Mencegah Hipertensi Sebelum Terjadi Stroke

Anda yang punya riwayat hipertensi sudah pasti akan selalu diminta untuk menjaga asupan makanan setiap hari. Mengkonsumsi makanan sehat memang sering kali dikaitkan untuk membantu mengontrol tekanan darah agar tetap stabil atau mencegah hipertensi. Dan yang lebih penting lagi adalah, mencegah terjadinya hipertensi dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

Mengkonsumsi makanan sehat adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi dan komplikasinya. Dan Anda juga harus membatasi asupan garam.

Tetapi, mengkonsumsi makanan sehat rasanya belum cukup. Selain mengkonsumsi makanan sehat, ada beberapa gaya hidup sehat yang sebaiknya juga Anda lakukan. Salah satunya adalah menjaga berat badan. Anda juga sebaiknya secara rutin melakukan olahraga, tidak merokok, dan juga tidak mengkonsumsi alkohol.

Hal hal sederhana seperti menghindari stres dan istirahat cukup juga bisa membantu Anda untuk menjaga dan menhindari serangan hipertensi.

 523 total views,  1 views today