Skip to content

Cara Menurunkan Darah Tinggi Dengan Makanan

Anda harus tahu cara menurunkan darah tinggi jika Anda atau keluarga Anda mengalami penyakit ini. Mungkin hipertensi ini sekilas terlihat sepele. Tapi jika dibiarkan, bisa mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Anda tahu berapa jumlah pengidap darah tinggi di negara kita? Menurut data dari KemenKes tahun 2016, setidaknya ada 63 juta penderita darah tinggi. Dan dari angka ini, menyebabkan kematian sebanyak 427 ribu. Mengkhawatirkan, bukan?

Cara untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal sebenarnya sangat mudah. Anda cukup dengan olahraga dan menjaga gaya hidup sehat. Sedangkan cara menurunkan darah tinggi bisa Anda lakukan dengan konsumsi makan-makanan sehat. Bahkan, cara menurunkan darah tinggi ini bisa Anda dapatkan hasilnya seketika.

Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Mentimun

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mentimun

Tekanan darah tinggi bisa terjadi bila terlalu banyaknya asupan garam dan terlalu sedikit kalium dalam makanan kita. Terlalu banyak kadar garam dalam tubuh ini bisa mengikat banyak air. Kondisi inilah yang bisa membuat volume darah meningkat. 

Maka dari itu, cara menurunkan darah tinggi yang cukup efektif yang bisa Anda lakukan adalah dengan konsumsi mentimun. Di dalam mentimun banyak terkandung kalium. Kalium ini adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium atau kadar garam yang ditahan oleh ginjal. Dengan kata lain, kalium inilah yang bertanggung jawab atas terkontrolnya tekanan darah seseorang. 

Tak berhenti disana, mentimun juga kaya vitamin C, kalium, dan antioksidan, seperti karotenoid dan tokoferol. Nutrisi-nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk mengontrol atau menurunkan tekanan darah. 

2. Sayuran Hijau

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan mentimun

Selain mentimun, sebenarnya hampir semua jenis sayur baik untuk penderita darah tinggi. Utamanya sayuran hijau  yang kaya kalium dan bisa membantu ginjal untuk menyingkirkan natrium melalui urine

Sayuran hijau apa yang banyak mengandung kalium adalah bayam, lobak hijau, kubis, selada romaine, hingga bit hijau.

Baca Juga :

  1. Buah Beri
cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah berry

Semua buah berry dianggap baik untuk kesehatan tubuh pada umumnya. Sedangkan untuk mengatasi darah tinggi yang paling baik adalah blueberry kaya akan senyawa alami flavonoid.

Cara menurunkan darah tinggi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan buah berry seperti blueberry, raspberry, dan stroberi ke menu harian Anda.

  1. Buah Bit
cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah bit

Cara menurunkan darah tinggi dengan makanan juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah bit. Buah ini mengandung nitric oxide, yang mana bisa membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan, menurut para ahli,  nitrat dalam jus bit bisa menurunkan tekanan darah seseorang hanya dalam 24 jam.

5. Susu Skim dan Yoghurt

cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan yoghurt


Cara yang terakhir adalah dengan mengonsumsi susu skim yang merupakan sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak. Kedua kandungan tersebut merupakan elemen penting dari diet untuk menurunkan tekanan darah.

Tapi jika Anda tidak suka susu, Anda bisa kok menggantinya dengan yoghurt. Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt dalam seminggu, mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

 457 total views,  1 views today