Skip to content

4 Cara Super Mudah Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Seperti yang diketahui, tekanan darah yang normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Apabila tekanan darah Anda melebihi angka tersebut, maka Anda harus mencari cara menurunkan darah tinggi sesegera mungkin.

Pasalnya, jika dibiarkan kondisi ini dapat memicu terjadinya komplikasi yang berbahaya seperti stroke, serangan jantung dan gangguan ginjal. Bahkan menurut data dari Kementerian Kesehatan (2016) seperti yang dilansir dari halodoc ada 427.000 kematian yang diakibatkan oleh kasus darah tinggi ini.

Mengerikan bukan? Namun Anda juga tidak perlu terlalu khawatir, karena ada sejumlah cara menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat yang akan membantu menghindarkan Anda dari kemungkinan tersebut. 

Cara Sederhana Menurunkan Darah Tinggi

1. Rutin Olahraga

Untuk menurunkan darah tinggi, ada beberapa jenis olahraga yang disarankan. Jenis olahraga tersebut adalah berenang, senam, bersepeda, jogging dan olahraga sederhana seperti jalan kaki.

Olahraga ini perlu dilakukan secara rutin paling tidak 3 kali sampai 5 kali dalam seminggu. Masing-masing durasi olahraga yang dilakukan antara 30 menit hingga 60 menit. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, maka tekanan darah akan berkurang 5 mmHg hingga 8 mmHg.

2. Kurangi Asupan Garam

Garam adalah salah satu hal yang dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi. Maka dari itu, mengurangi konsumsi garam bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya.

Memang mengurangi konsumsi garam bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih jika Anda adalah seorang yang suka dengan rasa asin dan sedap.

Pengurangan konsumsi garam ini selain perlu dilakukan pada makanan yang dimasak sendiri juga perlu dilakukan pada makanan kemasan yang Anda beli. Pada setiap kemasan kan sudah tersaji komposisi dan informasi nilai gizi, di sini Anda disarankan untuk memilih yang kadar natriumnya rendah.

Baca Juga :

3. Makan Makanan yang Sehat

Untuk menurunkan darah tinggi, mengurangi konsumsi garam saja tidak cukup dan harus didukung pula dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Tentu saja ini juga menjadi cara jitu menurunkan darah tinggi yang aman.

Adapun makanan yang disarankan ialah yang mengandung serat tinggi, rendah lemak dan juga rendah kolesterol. Makanan-makanan tersebut diyakini mampu menurunkan tekanan darah bahkan hingga mencapai 11 mmHg.

Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi kalium seperti aneka ikan laut, kentang, tomat, alpukat dan pisang. Kandungan kalium dalam makanan-makanan tersebut akan membantu mengurangi efek natrium pada tekanan darah.

Adapun makanan dan buah untuk menurunkan darah tinggi lainnya diantaranya ialah jeruk, anggur, mentimun, kacang almond, kacang mete, sayuran, biji-bijian utuh, buah bit dan buah beri.

4. Kurangi Asupan Kafein dan Rokok

Kafein juga disebut-sebut dapat memicu tekanan darah menjadi naik bahkan hingga 10 mmHg jika yang bersangkutan jarang mengkonsumsinya.

Sementara pada orang yang sudah sering mengkonsumsinya, efek kafein mungkin hanya memberikan sedikit pengaruh pada tekanan darah. Walaupun demikian, mengurangi asupan kafein tetap merupakan hal yang benar atau jika Anda ragu, bisa berkonsultasi dengan dokter.

Adapun mengenai rokok, disebutkan bahwa setiap rokok yang dihisap bisa meningkatkan tekanan darah kurang lebih selama beberapa menit.

Hal ini dikarenakan rokok mengandung sejumlah zat yang bisa mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Sementara peristiwa penyempitan pembuluh darah sendiri berdampak pada naiknya tekanan darah.

Itulah cara menurunkan darah tinggi yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada intinya adalah menjalani gaya hidup yang sehat akan membantu menjaga kestabilan tekanan darah Anda dan sekaligus menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit lainnya. Semoga bermanfaat.

 229 total views,  1 views today