17 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

17 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi – Serangan tekanan darah tinggi sangat berkaitan erat dengan pola makan dan gaya hidup. Meski pun banyak hal yang bisa menyebabkan darah tinggi, kebanyakan keluhan darah tinggi diakibatkan oleh kurang mampunya seseorang dalam melakukan control terhadap pola makan dan gaya hidup yang seimbang. Hampir 86 % penderita tekanan darah tinggi diakibatkan oleh hal itu.

 

Kami sangat tertarik dengan slogan “ jadikanlah makanan sebgai jamu dan Jamu sebagai makanan”. Jika kita mampu mencari jamu atau bahan herbal yang tidak berbahaya, maka jamu atau bahan herbal itu bisa kita posisikan sebagai manakan. Anda bisa bayangkan betapa kesehatan Anda akan meningkat secara drastis.

 

Jika sekarang Anda mengalami tekanan darah tinggi, maka makanan-makanan berikut ini sangat penting untuk Anda sisipkan dalam menu masakan setiap harinya. Usaha yang Anda lakukan sekarang mungkin bisa merubah hidup Anda dimasa depan. Berikut adalah beberapa makanan untuk penderita tekanan darah tinggi :

  1. Susu Skim. Produk olahan dari susu ternak ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Susu skim biasanya dalam bentuk bubuk rendah lemak. Menurut penelitian, lemak yang terkandung dalam susu skim hanya 1 %. Konsumsi susu skim secara rutin bisa mengurangi tekanan darah antara 3 sampai 10 persen.
  2. Gandum. Beta-glucan terkandung dalam gandum telah terbukti mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Gandum direkomendasikan sebagai pengganti makanan pokok untuk orang-orang yang melakukan diet.  
  3. Wortel. Dalam wortel mengandung kalium dan beta-karoten yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut diyakini bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Kebanyakan orang mengubahnya dalam bentuk jus untuk menggampangkan proses konsumsi dan pencernaan.
  4. Coklat murni. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan coklat murni setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sampai 2.9mm Hg dan diastolik 1.9mm Hg. Hal itu dapat terjadi karena dalam kakao mengandung zat flavanols. Namun Anda perlu ketahui, coklat yang Anda konsumsi harus yang memiliki kandungan kakao 60 sampai 70 persen.
  5. Kubis. Senyawa yang terkandung dalam kubis, yaitu asam glutamat, sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Asam glutamat adalah asam amino yang paling umum dan menyumbang hampir seperempat dari protein nabati dan hampir seperlima dari protein hewani.
  6. Alpukat. Ada tida zat penting yang terkandung dalam buah alpukat, yaitu Asam oleat, potasium dan folat. Ketiga zat itu sangat penting untuk kesehatan jantung, memperlancar saluran dara dan mencegah terjadinya stroke.
  7. Seledri. Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan empat batang seledri setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, seledri mengandung senyawa natrium dan lainnya yang mungkin memiliki efek samping ketika Anda memakan seledri dalam jumlah yang berlebihan.
  8. Bayam. Kandungan magnesium dan potassium dalam bayam sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Namun Anda perlu berhati-hati, karena makan bayam dalam porsi yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.
  9. Pisang. Buah ini tidak hanya bisa meningkatkan energi tetapi juga sangat berguna dalam mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. Studi menunjukkan bahwa satu pisang sehari sudah cukup untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  10. Bawang putih. Dalam sebuah penelitian ditemukan, orang dengan tekanan darah tinggi ketika diberi satu siung bawang putih setiap hari selama 12 minggu, tekanan darah dan kadar kolesterol mereka berkurang secara signifikan. Anda perlu mencari cara yang tepat untuk banyak menkonsumsi bawang putih karena rasa dan baunya yang kurang enak.
  11. Teh hijau. Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang minum setidaknya 20 ons (600 ml.) Teh hijau setiap hari selama satu tahun memiliki risiko 65% lebih rendah memiliki tekanan darah tinggi daripada mereka yang tidak meminumnya. Anda bisa mencoba ganti jenis the yang selama ini Anda minum dengan teh hijau.  
  12. Bawang bombai. Senyawa Sulfur yang terkandung dalam bawang Bombai telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena bawang bombai masih mempunyai ikatan family dengan bawang putih.
  13. Kentang. Pada kenyataannya, kentang merupakan sumber serat dan kalium yang telah terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Namun sayang, kentang selama ini banyak diolah dengan cara yang kuran sehat.
  14. Biji bunga matahari. Zat pitosterol yang terkandung dalam biji bunga matahari sangat berperan dalam mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Selain itu, biji bunga matahari juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  15. Kedelai. Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai telah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat itu adalah menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
  16. Kunyit. Senyawa yang disebut crocetin di dalam kunyit diketahui dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan. Maka dapat dipahami orang-orang kuno banyak menggunakan kunyit untuk campuran masakan.
  17. Ikan salmon. Omega 3 yang terkandung dalam jenis ikan ini sangat membantu dalam proses menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Makan ikan salmon juga bisa mengurangi resiko serangan jangtung dan stroke.

 

 

ALAMAT KANTOR

Jl. Brantak Sekarjati No.29,

Welahan, Jepara, Jawa Tengah,

Indonesia - 59464

 

MARKETING 1 - Teguh

081232227444 / 085641034444

infopusat5@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

MARKETING 2 - Alam

085329990002 / 085726726002

kotakpesan1@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

 

PIN 762A3824

 

 

081232227444

 

 

WAKTU LAYANAN

Senin-Sabtu, pukul 08:00-16:00 WIB

Minggu & tanggal merah, kami libur.

Harap buat janji sebelum datang